Rabu, 11 Januari 2012

Pasar Tradisional vs Pasar Modern

Pasar Tradisional vs Pasar Modern
Seringkali pasar didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk menjajakan barang dagangannya secara langsung untuk melakukan transaksi jual beli dalam waktu tertentu. Namun, definisi tersebut kurang tepat karena seiring dengan kemajuan teknologi seperti internet, alat komunikasi telepon seluler atau melalui surat. Transakasi jual beli dapat pula dilakukan sehingga penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung untuk melakukan jual beli mereka dapat dengan jarak jauh melakukan penjualan maupun pembelian. Oleh sebab itu, dalam proses pembentukan pasar hanya dibutuhkan adanya penjual dan pembeli dan barang yang diperjualbelikan serta adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pasar tradisional memiliki keunggulan bersaing secara alamiah yang tidak dimiliki oleh pasar modern. Yakni keunggulan dari segi lokasi yang strategis, area penjualan yang luas, keragaman barang yang dijual, harga yang relatif murah, adanya sistem tawar menawar sehingga menimbulkan keakraban antara penjual dan pembeli. Selain memiliki keunggulan secara alamiah, pasar tradisional juga memiliki berbagai kelemahan yakni, faktor tampilan pasar, atmosfir (udara atau suasana), tata ruang, tata letak, keragaman dan kualitas barang, promosi penjualan, jam operasional pasar yang terbatas, serta optimalisasi pemanfaatan ruang jual merupakan kelemahan terbesar pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern.  kondisi yang seperti ini dapat dijadikan salah satu alasan konsumen untuk beralih dari pasar tradisional ke pasar modern yang mampu memberikan kenyamanan, keamanan, dan keleluasaan berbelanja yang tidak dapat diperoleh di pasar tradisional.
            Makna dari pasar modern ini tidak jauh berbeda dari pasar tradisional, yang membedakannya dalah dalam bertransakasi antara penjual dengan pembeli tidak perlu dilakukan secara langsung melainkan pembeli cukup dengan melihat label harga yang tercantum dalam barang (barkode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual di pasar modern ini selain bahan makanan juga menjual barang yang dapat tahan lama. Contoh dari pasar modern adalah pasar swalayan dan supermarket, dan minimarket.

Untuk saat ini pasar modern di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat yakni dengan mudah dijumpai berbagai jenis pasar modern yang mampu membuka pelayanan toko sampai 24 jam dan berbagai jenis pasar modern tersebut hampir di seluruh Indonesia telah ada. Keberadaan pasar modern di Indonesia kemungkinan besar akan berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan dapat menjadi tantangan keberadaan pasar tradisional. Pasar modern yang pada dasarnya dimiliki oleh pengusaha asing dan para investor lokal dapat dengan mudah menggantikan peran pasar tradisional yang mayoritas dimiliki oleh masyarakat kecil.
Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi persaingan antara pasar tradisional dengan pasar modern adalah dengan langkah nyata dari para pedagang pasar tradisional dengan mempertahankan pelanggan dan keberadaan usahanya. Para pedagang di pasar tradisional harus mampu mengembangkan strategi untuk memenuhi kebutuhan atau tuntutan konsumen sebagaimana yang telah dilakukan oleh pasar modern. Hal tersebut setidaknya dapat dilakukan oleh para pedagang di pasar tradisional secara optimal. Karena bagi para konsumen nilai uang tidak begitu dijadikan permasalahan apabila tempat untuk berbelanja lebih menjanjikan kemudahan dan kenyaman bagi para konsumen.
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pasar modern dewasa ini sudah menjadi tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup modern yang berkembang di masyarakat kita. Tidak hanya di kota metropolitan tetapi sudah merambah sampai kota kecil di tanah air. Sangat mudah menjumpai minimarket, supermarket bahkan hipermarket di sekitar tempat tinggal kita. Tempat-tempat tersebut menjanjikan tempat belanja yang nyaman dengan harga yang tidak kalah menariknya. Namun di balik kesenangan tersebut ternyata telah membuat para peritel kelas menengah mengeluh. Mereka dengan tegas memprotes ekspansi yang sangat agresif dari peritel kelas besar itu. Protes yang dilakukan para kelas menengah berkantong tipis tersebut sebenarnya lebih ditujukan kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah, sebagai pengambil kebijakan untuk mengatur persaingan yang lebih efektif.
Keberadaan pasar, khususnya pasar tradisional, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Pemerintah harus konsen terhadap keberadaan pasar tradisional tersebut sebagai salah satu sarana publik yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat. Perkembangan jaman dan perubahan gaya hidup yang dipromosikan begitu hebat oleh berbagai media telah membuat eksistensi pasar tradisional menjadi sedikit terusik. Namun demikian, pasar tradisional ternyata masih mampu untuk bertahan dan bersaing di tengah serbuan pasar modern dalam berbagai bentuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar